Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar


Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar – Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Bahasa Indonesia bisa di artikan menjadi 2 yaitu :

A. Bahasa Indonesia yang baik

Bahasa Indonesia yang baik adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan norma kemasyarakatan yang berlaku. Misalnya, dalam situasi santai dan akrab, seperti di warung kopi, pasar, di tempat arisan, dan di lapangan sepak bola hendaklah digunakan bahasa Indonesia yang tidak terlalu terikat pada patokan. Dalam situasi formal seperti kuliah, seminar, dan pidato kenegaraan hendaklah digunakan bahasa Indonesia yang resmi dan formal yang selalu memperhatikan norma bahasa.

B. Bahasa Indonesia yang benar

Bahasa Indonesia yang benar adalah bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan aturan atau kaidah bahasa Indonesia yang berlaku. Kaidah bahasa itu meliputi kaidah ejaan, kaidah pembentukan kata, kaidah penyusunan kalimat, kaidah penyusunan paragraf, dan kaidah penataan penalaran. Jika kaidah ejaan digunakan dengan cermat, kaidah pembentukan kata ditaati secara konsisten, pemakaian bahasa dikatakan benar. Sebaliknya jika kaidah-kaidah bahasa kurang ditaati, pemakaian bahasa tersebut dianggap tidak benar atau tidak baku.

Jadi dapat disimpulkan bahwa bahasa indonesia yang baik dan benar itu adalah pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan di samping itu mengikuti kaidah bahasa yang benar.Fungsi Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

 

Berbahasa Indonesia yang baik dan benar memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Fungsi pemersatu kebhinnekaan rumpun dalam bahasa dengan mengatasi batas-batas kedaerahan sehingga mampu membangkitkan kesetiaan orang terhadap bahasa itu.

2. Fungsi penanda kepribadian yang menyatakan identitas bangsa dalam pergaulan dengan bangsa lain.

3. Fungsi pembawa kewibawaan karena berpendidikan dan yang terpelajar.

4. Fungsi sebagai kerangka acuan tentang tepat tidaknya dan betul tidaknya pemakaian bahasa sehingga memberikan kesadaran orang akan adanya aturan yang baku dan layak dipatuhi agar ia tidak mendapat sanksi sosial.

Setelah kami membahas mengenai penggunaan bahasa Indonesia yang sudah jarang digunakan di masyarakat. Kami memberikan solusi agar bahasa Indonesia tetap digunakan dan intensitas penggunaannya bertambah dan artikel dengan judul menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar bisa bermanfaat. *

 

Al-ustadDzul IFham Al-kiram

tongkrongan Pecinta Indonesia (Indonesian Lovers’s Place)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s