Menjadi Penulis Handal ala Kang Abik


Setelah sukses dengan memberi tausyiah bertajuk Makrifat Cinta, di Masjid T.S.T pada tgl 25 Februari lalu, kali ini, penulis yang baru saja melahirkan karya terbarunya yang berjudul ‘Ketika Cinta Bertasbih’, seperti yang telah dijanjikan semula, menggelar loka karya penulisan dengan tema : menjadi penulis handal dan best seller, di kantor redaksi Apakabar.  Acara tersebut di hadiri oleh semua anggota FLPHK dan non anggota. Dari non anggota tercatat 47 peserta yang hadir. Total keseluruhan hampir 75 orang yang serius menyimak ilmu yang disampaikan oleh Kang Abik.

Acara ini terselenggara atas prakarsa FLPHK, sebuah forum kepenulisan dan pengaderan penulis. Dari lokakarya semacam inilah, seperti disampaikan oleh ketua FLPHK yang baru, Wina Karnie, diharapkan dapat menjaring penulis berbakat dan mereka yang punya semangat dan rasa cinta yang tinggi terhadap dunia kepenulisan. Maka tak heran jika setelah workshop itu sendiri Wina banyak menerima telepon dari mereka yang mengaku ingin bergabung di Forum Lingkar Pena Hong Kong.

Guna memotifasi peserta, sehubungan dengan dunia penulis, Habiburrahman menyampaikan beberapa hal, yakni; pertama menyadari pentingnya membaca dan menulis. “Tidak ada harta yang lebih berharga bagi manusia kecuali ilmu pengetahuan, karena ilmu pengetahuan tidak bisa tergadaikan dengna apapun.” ujarnya.  Kedua meskipun pekerjaan menulis sering tidak diakui oleh masyarakat awam, Kang Abik berpesan supaya hal itu tak menjadikan mereka yang ada dalam lokakarya itu surut dari niat menjadi penulis. Disadari atau tidak, pekerjaan menulis sangat cocok dengan pekerjaan rumah tangga, misalnya menulis tentang resep masakan.

Kemudian jurus jitu yang disampaikan Kang Abik terkait mengumpulkan Modal menjadi penulis handal dan best seller, pertama beliau berpesan agar penulis memiliki niat yang kuat dan kesungguhan yang terjaga. Kata Kang Abik, kerja keras yang terjaga dan kesungguhan yang terjaga pasti akan membuahkan kesuksesan. Beliau kemudian mengisahkan perjalanan Jhoni Aryadinata menjadi seorang penulis handal yang bermula dari tukang becak, yang mempunyai semangat yang tinggi dan kesungguhan yang terjaga.

Kedua, keberanian untuk menulis diperlukan oleh seorang penulis, yang harus meluangkan waktunya untuk itu. Kata Kang Abik, segala kesuksesan butuh latihan dan memiliki visi yang jelas. Selain itu seorang penulis harus memiliki idealisme yang kuat. Idealisme ini penting, menurut Kang Abik agar penulis jelas dan yakin untuk apa tulisan tersebut dilempar kepambaca.  Terakhir kang Abik menyarankan agar peserta menulis yang baik dan bermanfaatdan menguasai teknis menulis yang baik pula.

Sedangkan rumus penting dalam menulis beliau memberi kiat agar peserta menulis apa saja yang ia tahu, rasakan, dan total masuk ke dalam tokoh-tokohnya. Beliau menuturkan pengalaman dan perjalanannya dalam menulis, saat menulis cerita sedih, Kang Abik larut dalam kesedihan tersebut, sebaliknya disaat tokohnya gembira atau jengkel, ia pun merasakan hal yang sama yang dialami oleh para tokoh-tokohnya.  Terakhir Kang Abik berpesan agar menulis dengna hati dan merpaikannya dengan pikiran.

Lokakarya yang berlangsung seharian penuh itu, ditutup dengan jurus berupa 6 langkah dan 7 pertanyaan. Hal itu disampaikan berdasarkan pengalaman pribadi beliau dalam menggapai kesuksesan dan beberapa pengalaman penulis-penulis besar dunia. Diantaranya; 6 langkah pencelupan, mengumpulkan catatan-catatan, meninjau ulang dan berpikir ulang, mengatur daftar isi, mengatur bab demi bab, terakhir revisi / perbaikan.

Sedangkan 7 langkah menulis berupa pertanyaan, diantaranya, dengan pertanyaan, siapa, apa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana, anehkah? Ketuju pertanyaan tersebut seperti disampaikan Kang Abik bermanfaat sebagai proses menulis. Terakhir Kang abik berpesan bahwasannya mencari ilmu pengetahuan itu sangat penting sekali, yang tidak hanya dan tidak harus didapat dari bangku sekolah atau kuliah saja, tapi bisa diraih dengan membaca dan menulis. (WINKA)

 

SUMBER :  http://winakarnie76.multiply.com/journal/item/136

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s